Sosialisasi Orang Tua Siswa

Gambar 1.1 Orang Tua / Wali Siswa SMA YKBBB Leles Kabupaten Garut

Peranan orang tua siswa sebagai patner guru dalam mendidik anak-anak tidak bisa dipisahkan. Bahkan orang tualah yang hakikatnya memiliki peran utama sesungguhnya dalam pendidikan. Sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing, orang tua kedua di sekolah. Namun, justru hanya sebagian kecil saja yang memahami hal tersebut. Orang tua justru menyerahkan sepenuhnya segala macam pendidikan baik intelektual, spiritual dan juga keterampilan pada guru disekolah.

Gambar 1.2  Ketua Yayasan SMA YKBBB Leles Memberikan Sambutan pada acara tersebut

Untuk mengubah presepsi tersebut maka penting sekali sekolah menyelenggarakan pertemuan bersama orang tua wali murid di awal tahun ajaran. Selain dibuat kesepahaman dalam mendidik anak-anak juga dijabarkan kegiatan-kegiatan sekolah yang akan diselenggarakan sekolah dan menjelaskan terkait dengan keuangan yang harus dibayar. Sehingga orang tua mengetahui semua program sekolah. Orang tua juga bisa meminta informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dari segi manfaatnya bagi pendidikan anak-anak.

Dengan demikian guru dan orang tua dapat bersinergi dan mengembangkan komunikasi horizontal bersifat kekeluargaan dalam mendidik anak-anak. Apa yang dilakukan siswa disekolah perlu diketahui orang tua. Dan begitu juga sebaiknya, lingkungan keluarga siswa perlu diketahui guru untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang bisa muncuk dalam perjalanan pendidikan nantinya.  Maka dari itu SMA YKBBB Leles Kabupaten Garut melaksanakan pertemuan dengan orang tua/wali murid pada hari jum’at tanggal 26 Juli 2019 di Aula SMA YKBBB Leles Kabupaten Garut.

Gambar 1.3  Sambutan dari Kepala Sekolah SMA YKBBB Leles Kabupaten Garut

Pertemuan ini dihadiri oleh Bapak Kepala sekolah Asep Saeful Rahman, M.Pd. didampingi wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Kurikulum dan Humas serta orang tua dan wali murid, acara ini berlangsung dengan baik dan lancar sehingga tujuan pertemuan ini dapat di pahami dengan baik. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan semua orang tua dan wali murid bisa memahami terkait dengan pemabahasan yang sudah disampaikan dan bisa ikut serta dalam mendidik putra dan putrinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.