“Hari Santri Nasional. Beginilah Suasana Peringatan Hari Santri Nasional di SMA YKBBB Leles Garut”

Hari Santri Nasional 22 Oktober adalah hari bersejarah, resolusi jihad ketika pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asy’ari memerintahkan para santri untuk bersama-sama melawan para penjajah Belanda di Surabaya.  Jadi, tanggal tersebut di peringati sebagai Hari Santri Nasional (HSN).

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2019 SMA YKBBB Leles Garut mengadakan kegiatan Qur’ani yang dibimbing langsung oleh Bapak Kepala Sekolah Asep Saeful Rahman, M.Pd, dibina oleh Ibu Shanty S. Pursita, S.Pd dan diketuai oleh Bapak Aceng Ahmad Sanusi, S.Ag serta beberapa Team Qur’ani lainnya yaitu Tadarus Al-Qur’an bersama yang diselenggarakan di Mesjid SMA YKBBB Leles Garut.  Selain itu, siswa-siswi SMA YKBBB leles juga diwajibkan memakai pakaian muslim sebagai penghormatan Hari Santri Nasional berdasarkan dengan surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat No:421/17629-set. Disdik, tanggal 18 Oktober 2019.

Gambar : Siswa – Siswi sedang melakukan kegiatan Tadarus Al-Qu’an (22 Oktober 2019)

Bagaimana kita wujudkan makna tersebut pada siswa kita?

Dengan melaksanakan kegiatan kerohanian di lingkungan sekolah seperti kegiatan Tadarus Al-Qur’an dan peringatan hari-hari besar dalam Islam adalah merupakan sebuah komitmen kita sebagai pelaksana pendidikan salahsatunya dengan cara memfasilitasi siswa-siswi dalam kegiatan keagamaan. 

Kegiatan Tadarusan Al-Qur’an ini sebenarnya adalah program harian yang rutin dilaksanakan sesuai dengan visi-misi sekolah. Program ini khususnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya baca dan hafal Al-Qur’an dan umumnya untuk menumbuhkan rasa kerohanian siswa serta mampu mengamalkan nilai-nilai religius di lingkungan sekitarnya.

Dengan dilaksanakanya peringatan kegiatan hari santri Nasional di SMA YKBBB Leles Garut, ini dapat menjadi momentum untuk selalu mengingat, meneladani dan menghormati ulama serta santri pejuang kemerdekaan Indonesia dan mengupdate semangat cinta tanah air.

Santri Unggul, Indonesia Makmur, Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.